Kakorlantas: Smart SIM Akan Catat Pelanggaran Pengendara

Kakorlantas Polri, Irjen Refdi Andri (foto: Okezone.com/Fakhri)
agregasi

 

JAKARTA – Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengungkapkan, bahwa Smart SIM akan mencatat pelanggaran apa saja yang telah dibuat oleh si pemilik SIM tersebut.

Nantinya, kata dia, Korps Lalu Lintas Polri akan mencatat pelanggaran apa saja yang telah dilakukan si pemilik SIM tersebut untuk seterusnya disimpan melalui server milik Polri.

“Ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalin itu tercatat pada chip pada kartu SIM itu dan juga tercatat pada server kita,” ujar Refdi usai menghadiri cara HUT ke-64 Lalu Lintas Bhayangkara yang juga peluncuran Smart SIM dan aplikasi SIM Online di GBK, Jakarta, Minggu (22/9/2019).

Menurut dia, Smart SIM akan mempermudah polisi dalam melakukan penindakan di lapangan lantaran pengendara sudah memiliki catatan yang ada di SIM miliknya. Selain itu, Korps Lalu Lintas Polri juga akan menyampaikan berbagai pesan keselamatan yang lebih efektif lagi kepada pengendara.

Advertisement

“Memudahkan juga untuk kita mengidentifikasi pelanggaran sekalipun orang-orang yang mengemudikan kendaraan belum memiliki SIM nanti kita akan ambil sidik jarinya akan terkoneksi dengan kita. Ketika yang bersangkutan membuat SIM dengan batas umur yang ditentukan pelanggaran-pelanggaran itu akan muncul,” jelasnya.

Smart SIM juga difasilitasi sebagai kartu yang bisa menyimpan uang elektronik yang bisa melakukan pembayaran nontunai namun masih menunggu izin resmi dari Bank Indonesia.

“Mudah-mudahan pada saatnya nanti bisa kita semua lakukan dengan baik dan juga apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat untuk kepolisian, masyarakat secara lebih luas,” tandasnya.