Ini Kata Amien Rais Soal Perpindahan Ibu Kota

Foto: Okezone
Iklan

JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebutkan pemindahan Ibu Kota Negara ke wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dipersembahkan untuk Beijing, China.

Hal tersebut disampaikan Amien Rais dalam sambutannya pada acara seminar ‘Menyoal Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara’ yang diselenggarakan di kawasan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (3/9/2019).

“Kalau mereka tetap akan mindah Ibu Kota, padahal dipersembahkan untuk Beijing, ini pertanda memang wallahu alam,” ujar Amien Rais.

Lokasi Ibu Kota Baru

iklan

Bahkan sebelumnya, Amien Rais juga berspekulasi kalau kajian untuk memindahkan Ibu Kota bukan berasal dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), melainkan kajian dari China.

“Sesunggunhnya memindah Jakarta bukan karena menunggu studi Bappenas, tapi studi Beijing,” ungkapnya.

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu menambahkan, pemindahan Ibu Kota ke Kaltim justru dikhawatirkan akan mempercepat pengambilalihan Republik Indonesia oleh China.

“Jadi, Anda lihat lautan sebelah Kaltim itu kalau terus ke Utara memang sampai ke laut China Selatan dan sampai ke laut China. Mereka punya jalan sutra darat, jalan sutra laut,” kata Amien Rais.

Iklan