Imam Nahrawi Mundur, Komisi X Usul Sesmenpora Jadi Plt

Menpora Imam Nahrawi. (Foto : Dok Okezone.com/Arie Dwi Satrio)
Iklan

JAKARTA – Imam Nahrawi sudah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai ditetapkan tersangka kasus suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk mengisi posisi selepas mundurnya Imam Nahrawi, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyarankan posisi Menpora yang kosong diisi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) menjadi pelaksana tugas sementara agar kegiatan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Bisa saja kekosongan kepemimpinan sementara dilanjutkan Sekjen (Sesmenpora-red),” ujar Hetifah kepada Okezone, Kamis (19/9/2019).

Sekadar diketahui, saat ini Sesmenpora dijabat oleh Gatot S Dewa Broto. Hetifah menjelaskan mengapa dia lebih mendorong agar Sesmenpora mengisi sementara jabatan itu karena kabinet periode 2014-2019 akan berakhir.

Imam Nahrawi perpisahan dengan pegawai Kemenpora. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

“Pembentukan kabinet baru tinggal menghitung hari. Raker penetapan Rencana Kerja dan Anggaran 2020 juga sudah ditetapkan beberapa hari lalu,” ucapnya.

iklan

“Tapi, tentu akhirnya adalah hak prerogatif dari Presiden,” tutur Hetifah.

Selain itu, dia ingin kegiatan di Kemenpora tetap berjalan seperti biasa, meskipun sudah ditinggalkan Imam Nahrawi yang terseret kasus korupsi.

“Kami berharap kebijakan publik Kemenpora tetap bisa berjalan dan pelayanan publik seminimal mungkin terkena dampak gangguannya,” katanya.

Sebelumnya diwartakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Imam Nahrawi sudah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai ditetapkan tersangka kasus suap dana hibah KONI oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Iklan