De Gea Jadi Kiper Terburuk Liga Premier

foto: twitter
Iklan

MANCHESTER, Waspada.co.id – Kiper Manchester United, David de Gea, mendapatkan banyak kritikan terkait performanya di awal musim. Terbaru, kritikan datang setelah The Red Devils kalah dari West Ham United di lanjutan Liga Premier pekan lalu.

Tandang ke London Stadium, United memiliki misi melanjutkan performa impresifnya setelah sebelumnya meraih dua kemenangan beruntun. Usai mengalahkan Leicester City dan Astana di Liga Europa, MU malah takluk di markas The Hammers.

Dua gol ke gawang De Gea dicetak oleh Andriy Yarmolenko dan Aaron Cresswell. Usai kekalahan tak terduga itu, sorotan datang kepada De Gea. Kiper Timnas Spanyol tersebut diklaim memiliki statistik yang membuatnya kini berstatus kiper terburuk Liga Premier dalam delapan tahun terakhir.

Berdasarkan statistik, gol yang dicetak Cresswell adalah gol ke-12 yang bersarang di gawang De Gea dari tendangan bebas. Ini menjadi catatan terburuk dibandingkan kiper Liga Premier lain sejak musim 2011-2012.

“Sejak dimulainya musim 2011-2012, De Gea telah kebobolan lebih banyak gol di Liga Premier dari tendangan bebas langsung daripada kiper lainnya (12),” tulis Opta Joe di akun Twitter-nya baru-baru ini.

iklan

Ironisnya, kiper berusia 28 tahun tersebut baru saja menandatangani kontrak baru bersama Setan Merah. The Guardian mengklaim mantan kiper Atletico Madrid itu mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun dan gaji senilai 350 ribu pounds.

Ketidakmampuan De Gea menghentikan tembakan yang datang dari luar area penalti seharusnya membuat pelatih Ole Gunnar Solskjaer khawatir. Kekalahan dari West Ham juga semakin menegaskan bahwa performa MU inkonsisten.

Kini, United hanya mampu meraih dua kemenangan dari enam laga Liga Premier. Sisanya, Paul Pogba cs meraih dua kali seri dan dua kekalahan untuk berada di posisi delapan klasemen sementara. Selanjutnya, Setan Merah akan menjamu Arsenal di Old Trafford pada 1 Oktober mendatang. (wol/aa/opta/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan