Mengaku Cinta Lingkungan, Trump Malah ‘Bolos’ dari Diskusi Perubahan Iklim KTT G7

foto: Presiden AS, Donald Trump (Reuters)

BIARRIZT, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump ‘bolos’ dalam diskusi perubahan iklim bersama dengan para pemimpin negara G7 di Biarritz, Prancis, Senin (26/8).

Trump membiarkan kursinya kosong saat perbincangan mulai mengarah pada topik kebakaran Hutan Amazon dan bagaimana cara dunia mengurangi emisi karbon.

“Saya seorang pencinta lingkungan,” ujar Trump kepada wartawan, melansir Associated Press. Dia bahkan mengklaim bahwa dirinya lebih tahu banyak hal tentang lingkungan daripada siapa pun.

Presiden Prancis Emmanuel Macron-sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7-mengabaikan ketidakhadiran Trump dalam pertemuan. Dia mengatakan bahwa asisten Trump mewakilinya dalam perbincangan tersebut.

Trump dikenal skeptis soal perubahan iklim. Alih-alih menyadari, Trump justru pernah menyebut bahwa perubahan iklim adalah tipuan yang dilakukan China. Keputusannya untuk menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan iklim Paris 2015 telah merusak upaya global untuk mengurangi emisi karbon.

Advertisement

Kendati demikian, Macron tak berpikir untuk membujuk Trump kembali bergabung dengan kesepakatan tersebut. “Anda tidak bisa menulis ulang masa lalu,” katanya.

Alih-alih menagih kehadiran Trump dalam pembahasan iklim dalam KTT G7, Macron mengaku telah berdiskusi panjang bersama orang nomor satu di AS ini terkait kebakaran Hutan Amazon.

Para pemimpin negara G7 sepakat untuk menggelontorkan dana senilai lebih dari US$20 juta untuk membantu mengatasi kebakaran Hutan Amazon. (cnn/data1)