Megawati Jadi Formatur Tunggal Susun Struktur DPP

Kongres PDIP (Foto: Abdul Rochim)
Iklan

DENPASAR – Kongres V PDIP di Sanur, Denpasar, Bali telah memasuki hari kedua, Jumat (9/8/2019). Ada sejumlah hal penting yang disepakati peserta setelah sebelumnya Kongres secara aklamasi kembali mempercayakan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP Periode 2019-2024.

Ketua Pelaksana Kongres V PDIP I Wayan Koster mengatakan, salah satu hal penting yang disepakati yakni memutuskan untuk memberikan mandat penuh sebagai formatur tunggal kepada Megawati sebagai ketum terpilih.

“Ibu Mega untuk menyusun struktur personalia DPP PDIP 2019-2024,” ujar Wayan Koster kepada wartawan di arena Kongres.

Keputusan itu diambil dalam sidang yang dipimpin oleh pimpinan dari unsur DPD dan DPC. Sidang juga memutuskan lima hal yang dibahas dari lima komisi. Komisi I yang berkaitan dengan ideologi dan trisakti Bung Karno, disepakati untuk dijadikan pedoman di dalam program panitia lima tahun ke depan.

iklan

Selanjutnya Komisi II mensahkan kebijakan politik legislasi anggaran dan pengawasan. Komisi III membahas soal kebudayaan, keempat pemenangan elektoral dalam Pilkada 2020 dan Pemili 2024. “Komisi kelima yaitu mengenai tata kelola partai,” paparnya.

Selain itu, kata Wayan yang menjabat Gubernur Bali, juga telah diputuskan mengenai penajaman program-program partai termasuk dana abadi partai yang akan diatur oleh ketum bersama DPP partai. “Jadi PDIP akan mengembangkan dana abadi untuk partai,” urainya.

Iklan