Ketua DPR: Mbah Moen Sosok yang Meluruskan Ajaran Islam di Indonesia

KH Maimun Zubair (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebutkan meninggalnya KH Maemoen Zubair (Mbah Moen) di Makkah Al Mukaromah adalah cita-cita semasa dirinya masih hidup.

“Doa beliau diijabah oleh Allah, meningggal di sana (Makkah). Saya dapat cerita ini dari pak Nusron Wahid, bahwa memang dari setiap doa mbah Moen itu selalu berdoa ingin meninggal di Tanah Suci. Itu juga yang selalu beliau berdoa menginginkan berangkat haji dan meninggal dunia di sana,” katanya kepada wartawan di Inews Tower, Jalan Srikaya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/8/2019).

Bamsoet mengaku dirinya merasa sedih dan kehilangan atas kepergian ulama senior dari kalangan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“Ya tentu kita menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada tokoh bangsa, tokoh agama, guru kita,” ucapnya.

Advertisement

Bamsoet mengungkapkan bahwa sosok Mbah Moen selalu menjadi pelurus pemahaman agama yang salah kaprah. Mbah Moen juga layak dijadikan panutan para tokoh lain.

“Ya ini sosok yang selalu meluruskan berbagai pemahaman yang menjurus ke radikalisme. Mbah Moen lah yang menarik pemahaman yang terlalu ke kanan menjadi ke tengah. Dalam sisi pandangan agama,” tutupnya.