Kata Para Lurah, Dana Kelurahan Belum Terdistribusi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Meskipun pemerintah pusat telah menggelontorkan dana kelurahan di sejumlah daerah termasuk Kota Medan, namun diyakini hingga saat ini dana tersebut belumlah mengucur. Seperti pengakuan Lurah Mesjid, Sudarmanto. Menurut pengakuannya, informasi dari kecamatan bahwa dana kelurahan sudah turun. Akan tetapi pihaknya belum menerima.

“Kelurahan se-Kota Medan belum ada turun dana itu. Selain itu, untuk tahap pertama ini dana yang didapat nantinya sebesar Rp350 juta,” ungkanya saat ditemui di kantor Kelurahan Mesjid Jalan Sinabung Kecamatan Medan Kota, Senin (26/08) kemarin.

Senada dengan itu Lurah Teladan Barat, Hotler, yang ditemui di kantornya Jalan Sisingamangaraja Gang Masjid Kecamatan Medan Kota, Hotler, mengatakan kalau dana kelurahan belum ada mereka terima. Tidak cukup sampai di situ, dirinya juga tidak mengetahui berapa besaran dana yang bakal diberikan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Medan kepada pihak kelurahan.

“Kalau abang mau info lebih lengkap, coba jumpa Kabagtapem Kota Medan. Orang itu yang tahu masalah dana ini,” sarannya.

Advertisement

Pada berita sebelumnya, Kabag Tapem Sekretariat Daerah Kota Medan, M Ridho Nasution, mengaku pihaknya tengah mempersiapkan tanaga Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendukung pemaksimalan Program Dana Desa/Kelurahan.

Sebagaimana diketahui, di tahun 2019 ini Pemko Medan mendapat Dana Kelurahan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat sebesar Rp53,2 miliar lebih, ditambah lagi Dana Pendamping dari APBD Pemko Medan sebesar Rp46 miliar lebih dan total keseluruhan sekitar Rp99,2 miliar lebih.

“Maka dari itu, dari 151 kelurahan di Kota Medan, diperkirakan masing-masing kelurahan menerima jatah Rp656 juta lebih. Ke depan Program Dana Kelurahan diharapkan bertambah dan berkelanjutan sehingga pembangunan di Kota Medan semakin baik dan tidak menjadi ajang korupsi,” terangnya.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN