Jokowi Tunggu Kajian Soal Pemindahan Ibukota

Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menunggu kajian rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, sehingga belum bisa diumumkan lokasi yang akan ditunjuk sebagai Ibu Kota Indonesia.

Karena, jajaran kementerian masih belum selesai menyampaikan hasil kajian tentang rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan. Maka, Jokowi memilih menunggu.

“Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/8).

Namun, Jokowi tetap berdalih ketika ditanyakan kajian rencana pemindahan ibu kota dilakukan di wilayah Kalimantan Timur. Menurut dia, masih menunggu kajian terlebih dulu. “Masih tunggu satu, dua kajian,” ujarnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi meminta tim pemerintah yang sedang membahas perpindahan ibu kota agar mempelajari negara-negara lain yang sudah sukses dalam memindahkan ibu kota.

Advertisement

Tim pemerintah terdiri dari Badan Perencanaan Pembangunan, Kementerian PUPR, Kementerian ATR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta badan terkait. (inilah/ags/data2)