Inilah 10 Kandidat Pemain Terbaik FIFA

foto: zimbio
Iklan

ZURICH, Waspada.co.id – Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Virgil van Dijk masuk di antara 10 kandidat pemenang FIFA’s The Best Men’s Player. Demikian berdasarkan rilis FIFA, Rabu (31/7) malam.

Para kandidat ini dipilih berdasarkan prestasi mereka dalam setahun terakhir atau dari 16 Agustus 2018 hingga 19 Juli 2019. Mereka dinilai dan dipilih oleh panel khusus yang dibentuk oleh FIFA beranggotakan para legenda sepakbola dunia.

Pemenangnya dipilih berdasarkan voting fans, kapten dan pelatih timnas serta jurnalis. Selain ketiga nama di atas, ada juga Mohamed Salah (Liverpool/Mesir), Eden Hazard (Chelsea/Real Madrid/Belgia), Matthijs de Ligt (Juventus/Ajax/Belanda), Sadio Mane (Liverpool/Senegal), Frenkie de Jong (Barcelona/Ajax/Belanda), Harry Kane (Tottenham Hotspur/Inggris), dan Kylian Mbappe (PSG/Prancis).

Musim lalu, Messi hanya bisa membawa Barcelona meraih trofi La Liga. Namun, La Pulga gagal di Liga Champions dan Copa del Rey. Messi juga berhasil meraih Golden Shoe sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa. Di Copa America 2019, Messi hanya meraih perunggu.

Sementara itu, Ronaldo membawa Juventus meraih sekaligus mempertahankan gelar scudetto serta menjadi pemain terbaik di Serie A. Di level internasional, CR7 sukses membawa Timnas Portugal memenangi UEFA Nations League.

iklan

Van Dijk juga tampil apik. Meski gagal membawa Liverpool memenangi Liga Premier, Van Dijk terpilih menjadi pemain terbaik liga. Kegagalan di liga domestic ditebus di pentas Eropa dengan meraih trofi Liga Champions. Selain itu, Belanda menjadi finalis UEFA Nations League.

Di daftar pelatih, kandidat pemenang Best FIFA Men’s Coach of the Year adalah Djamel Belmade (Timnas Aljazair), Didier Deschamps (Timnas Prancis), Marcelo Gallardo (River Plate), Ricardo Gareca (Timnas Peru), Josep Guardiola (Manchester City), Jurgen Klopp (Liverpool), Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur), Fernando Santos (Timnas Portugal), Erik ten Haag (Ajax Amsterdam), dan Tite (Timnas Brazil).

Nantinya, 10 kandidat akan disusutkan menjadi tiga finalis. Setelah itu, pemenangnya diumumkan pada The Best FIFA Football Awards di Milan, 23 September mendatang. Tahun lalu, Luka Modric menjadi pemain terbaik. (wol/aa/fifa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan