Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Prabowo: Itu Perjuangan Gerindra Sejak 2014

Prabowo Subianto (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)
agregasi

 

JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memindahkan ibu kota ke Pulau Kalimantan. Menurutnya, rencana tersebut telah sesuai perjuangan partainya selama ini.

“Itu sudah perjuangan Gerindra sejak lama, dari 2014 kami berjuang untuk pemindahan ibu kota,” kata Prabowo usai melaksanakan upacara HUT ke-74 RI, di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019).

Namun demikian, mantan Danjen Kopassus itu berpesan agar pemerintah terlebih dahulu melakukan penelitian wilayah mana yang bakal menjadi ibu kota agar bisa diterima semua pihak. Diakuinya pemindahan ibu kota juga akan menelan biaya yang banyak. “Biayanya enggak ringan ya,” kata dia.

Mengenai lokasi yang tepat untuk menjadi ibu kota di Pulau Kalimantan, Prabowo enggan berbicara. Dia menyerahkan semuanya kepada pemerintah ihwal rencana itu. “Ya harus dicari (lokasi yang tepat-red) cari pakar dan konsensus yang baik,” tandasnya.

Advertisement

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan rencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan saat sidang bersama DPR-DPD. Meski demikian, Kepala Negara belum merinci lokasi pasti dimana ibu kota baru itu berada nantinya di Pulau Borneo itu.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini dengan memohon ridha Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari bapak ibu anggota dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa, terutama dari seluruh rakyat Indonesia dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Jokowi kemarin.