ATKP Medan: Pentingnya Penerapan K3 Untuk Minimalisir Kecelakaan Kerja

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah 550 peserta mengikuti seminar Kesehaan dan Keselamatan Kerja (K3) yang diselenggarakan oleh Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan di gedung Auditorium ATKP Medan, Selasa (27/8).

Peserta yang berasal dari SMK se-Kota Medan ini sangat antusias mendengarkan paparan narasumber Buchari ST MKes, dosen yang juga Sekretaris Departemen Teknik Industri USU. Kemudian praktisi K3 Ahmadi Sapta Yudha ST yang juga Dir GA, SHE & Legal PT Sumatera Deli Lestari.

Seminar dibuka oleh Wakil Direktur I ATKP Medan, Liber Tommy Hutabarat ST MPd. Ia mengatakan kebijakan pemerintah pada tahun 2019 memprioritaskan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk menunjang program pembangunan di segala bidang yang harus didukung dengan penerapan K3 untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja.

“ATKP Medan sebagai salah satu unit pelaksana teknis BPSDM Perhubungan diberikan tugas dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seminar sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan sehingga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dalam bidang K3,” tuturnya.

Sementara itu pemateri dari USU, Buchari ST MKes, dalam paparannya mengatakan tujuan adanya K3 ini adalah untuk melindungi para pekerja dan orang lain di tempat kerja. Lalu menjamin sumber produksi dapat terpakai secara aman dan efisien, kemudian juga menjamin proses edukasi berjalan lancar. “K3 ini dibuat bukan setelah ada kejadian baru panik, tetapi untuk menghindari kasus-kasus kecelakaan yang terjadi tempat kerja,” ujarnya.

Advertisement

Di sela-sela paparannya, Buchari menyampaikan rasa kagumnya dengan jumlah peserta yang membludak. “Biasanya seminar yang saya hadiri sebagai pemateri berjumlah 200 orang, namun ini peserta mencapai 500-an lebih. Luar biasa,” katanya takjub.

Di sisi lain pemateri dari praktisi Ahmadi Sapta Yudha menyampaikan bagaimana langkah-langkah dalam mempersiapkan berbagai alat dan cara penggunaannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Seminar K3 ini berlangsung dengan peserta yang sangat antusias. Ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh siswa-siswa SMK.

Randy, siswa SMK Penerbangan Pulo Brayan Darat, mengakui dirinya lebih memahami pentingnya K3 dalam dunia kerja. “Apa yang kami dapatkan di seminarnya ini bisa menambah pengetahuan kami. Apalagi di sekolah, ada mata pelajaran mengenai keselamatan,” tandasnya.(wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN