Legenda Tinju Berusia 40 Tahun Juara WBA Super

foto: AP

LAS VEGAS, Waspada.co.id – Manny Pacquiao meraih gelar WBA Super kelas welter berkat kemenangan angka atau split decision atas Keith Thurman di MGM Garden Arena, Las Vegas, Minggu (21/7).

Di ronde pertama, Thurman sempat memberikan perlawanan kepada Pacquiao dengan pukulan jab yang membuat lawan bertahan dengan double cover. Akan tetapi, Pacman tidak tinggal diam. Meski berusia 40 tahun, petinju asal Filipina itu tampil agresif.

Dua pukulan beruntun dari Pacquiao mendarat di wajah Thurman hingga terjatuh. Thurman terjengkang begitu menerima jab kiri di bagian perut dan jab kanan di bagian wajah. Spontan, penonton yang memadati MGM Grand Arena bersorak.

Di ronde keempat, giliran jab kiri Thurman mengenai wajah Pacquiao. Saat pertarungan ronde kelima menyisakan satu menit, pukulan beruntun Pacquiao memanfaatkan longgarnya pertahanan Thurman.

Thurman mulai agresif memasuki tujuh ronde ketika pukulan menyilangnya mengenai wajah Pacquiao. Lucunya, juga Pacman hanya tersenyum ke arah One Time, julukan Thurman. Di ronde 10, Thurman hampir terjatuh dan langsung memeluk lawan.

Advertisement

Dikarenakan kedua petinju masih berdiri hingga 12 ronde berakhir, pemenang ditentukan atas penilaian juri. Ketiga juri memutuskan Pacquiao menang angka dengan nilai 114-113, 115-112, dan 115-112.

Dalam pidato kemenangannya, Pacquiao tetap memberi pujian kepada Thurman yang dianggap sebagai petinju kuat, penuh potensi, dan kerap membuatnya kewalahan. Tak lupa, Manny juga bersyukur dapat mengakhiri pertarungan dengan kemenangan dan keadaan selamat tanpa cedera.

Dari kubu Thurman, petinju asal Amerika Serikat (AS) itu menerima kekalahan dan balik memuji Pacquaio sebagai petinju legendaris. (wol/aa/fox/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL