Hamilton Cetak Double Hattrick di Kampung Halaman

foto: reuters

SILVERSTONE, Waspada.co.id – Untuk keenam kalinya, GP Inggris berhasil dijuarai oleh Lewis Hamilton. Pebalap tuan rumah itu tampil tercepat di Sirkuit Silverstone, Minggu (14/7), dengan catatan waktu 1 jam 21 menit 8,542 detik.

Meski tidak mengawali lomba dari posisi pole, Hamilton tetap tampil dominan di depan publiknya sendiri. Ini menjadi keenam kali bagi The Boss memenangi GP Inggris sekaligus sukses ketujuh bagi Mercedes menempatkan dua pebalap di podium teratas.

Valtteri Bottas, rekan setim Hamilton di Mercedes, hanya terpaut 24,928 detik. Podium ketiga menjadi milik pebalap Ferrari, Charles Leclerc. Dua posisi di lima besar direbut oleh duet Red Bull Honda Racing, Pierre Gasly dan Max Verstappen.

Berbeda dengan Leclerc yang tetap konsisten sepanjang musim, nasib sial dialami Sebatian Vettel. Empat kali juara dunia asal Jerman itu naas karena hanya memasuki garis finish di peringkat 16 atau paling belakang.

Atas kemenangan ini, Hamilton mengumpulkan 222 poin dan mantap di puncak klasemen pebalap sementara. Juara bertahan F1 itu unggul 39 angka dari Bottas disusul Verstappen (136), Vettel (123), dan Leclerc (120).

Advertisement

“Apa mau dibilang?! Tidak terlukiskan betapa bangganya perasaan saya sekarang ini,” kata Hamilton sesaat turun dari mobil disambut mantan juara dunia dan kompatriotnya, Jenson Button. (wol/aa/f1live/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL