Gawang Brazil Masih Aman, Alisson Banjir Pujian

foto: afp
Iklan

BELO HORIZONTE, Waspada.co.id – Brazil sukses melaju ke final Copa America 2019 dengan mengalahkan Argentina 2-0 di semifinal yang berlangsung di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Rabu (3/7). Brazil menang berkat gol Roberto Firmino dan Gabriel Jesus.

Kemenangan meyakinkan ini tidak hanya membuktikan lini depan mematikan Brasil. Tapi tim Samba juga menunjukkan sebagai tim dengan pertahanan paling kokoh di Copa America. Tercatat, gawang Alisson Becker belum pernah kebobolan dalam lima laga di Copa America 2019.

Selain Brazil, Kolombia sebenarnya juga tim yang belum pernah kebobolan di Copa America 2019. Tapi mereka sudah tersingkir di perempatfinal akibat kalah adu penalti dari Chile. Soal mencetak gol, Brazil juga paling subur dengan koleksi 10 gol dari lima pertandingan.

Melawan Argentina, Tite mengatakan salah satu faktor kesuksesan Tim Samba mengalahkan mereka adalah ‘mematikan’ peran Messi. Pemain-pemain Brazil, terutama gelandang Casemiro, sukses meredam pergerakan La Pulga sepanjang laga.

“Untuk menetralkan pemain seperti itu, dengan tindakan Anda di lapangan, Anda tidak bisa menghentikannya,” ucap Tite.

iklan

“Kami harus mengutak-atik struktur tim, jadi kami menempatkan Firmino sedikit lebih ke belakang untuk menutup lini tengah, guna mengurangi aksi Messi, dan juga untuk mengeksplorasi kecepatan kami,” Tite menambahkan.

Faktor kehebatan Brazil lain adalah ketangguhan Alisson Becker yang belum pernah kebobolan. Terakhir kali Alisson merasakan gawangnya kebobolan terjadi saat dibobol Salomon Rondon saat Liverpool melawan Newcastle United, 5 Juni lalu. Pada pertandingan itu, The Reds menang 3-2. (wol/aa/sw/twt/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Iklan