Dekranasda Jabar Puji Kain Tenun Sumut

foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Keistimewaan kain tenun dari Sumatera Utara (Sumut) mendapat apresiasi dan pujian dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat (Jabar), terutama keunikan, warna, dan keindahannya.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Dekranasda Jabar, Lina Ruzhanul Ulum, dalam kunjungan silaturahim ke Kantor Dekranasda Sumut di Jalan Sultan Iskandar Muda, Medan, Rabu (3/7). Kedatangan Lina dan rombongan disambut Wakil Ketua Dekranasda Sumut, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

“Di Jabar, jarang ada kain tenun, tidak sebanyak yang ada di Sumut, kain tenun dari Sumut lebih spesifik, lebih berwarna, lebih keren dan luar biasa. Setiap daerah itu pun punya corak yang berbeda-beda,” ujar Lina.

“Saya mengetahui beberapa jenis kain tenun khas yang berasal dari Sumut, salah satunya kain Ulos. Sepertinya seluruh Indonesia lebih mengenal Sumut dengan kain Ulosnya. Walau di Sumut tak hanya ada kain ulos, ada juga kain-kain khas Melayunya yang luar biasa, saya sangat tertarik dan juga sudah beli,” terang Lina didampingi istri Sekretaris Daerah Jabar Elly Rosita Karniwa,.

Kunjungan Dekranasda Jawa Barat kali ini bersifat silahturahim. Pihaknya mencari apa saja yang bisa dikolaborasikan atau kerja sama antara Dekranasda Sumut dengan Jawa Barat. Menjawab keinginan kolaborasi tersebut, Sri Ayu Mihari menyambut hal itu dengan penuh antusias.

iklan

“Saya senang sekali sudah dikunjungi oleh ibu-ibu ini, semoga ke depannya kita bisa sama-sama membangun Dekranasda kita ini,” ujar Sri Ayu Mihari.

Sri Mihari Ayu pun menunjukkan satu demi satu produk unggulan UKM binaan Dekranasda Sumut. Istri Wakil Gubernur Sumatera Utara itu memperlihatkan batik dan songket terbaik dari perajin yang sudah dipasarkan ke beberapa daerah.

Selain mengunjungi dan melihat lihat hasil kerajinan para UKM binaan, rombongan Dekranasda Jabar juga mengunjungi Galeri Songket & Tenun RR dan Deli Maya Sari Handicraft. Selain kain songket, pengurus Dekranasda Jabar juga memborong produk lain seperti tas serut, hiasan dinding, sandal, dan tempat sepatu untuk buah tangan. (wol/aa/data2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan