Prosesi Pemakaman Ani Yudhoyono Tertutup

foto: Antara
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Taman Makam Pahlawan Kalibata sudah bersiap menyambut jenazah Ani Yudhoyono, Minggu (2/6) pagi. Tenda-tenda dengan kain merah putih sudah mulai didirikan di sekitar liang lahat.

Pusara sudah siap, aparat pun sudah berjaga ketat.

Jenazah Ibu Negara RI periode 2004-2014 itu akan dikebumikan tak jauh dari makam Ainun, istri mantan Presiden RI BJ Habibie. Rencananya jenazah Ani dimakamkan pukul 13.30 WIB siang nanti, setelah terlebih dahulu disalatkan dan diberangkatkan dari Puri Cikeas Bogor.

Lalu lintas di sekitar TMP Kalibata akan dialihkan siang nanti. Rekayasa lalu lintas di sekitar lampu merah Kalibata, putaran bawah jalan layang stasiun Kalibata dan rel kereta api Kalibata bersifat situasional.

Di lampu merah Kalibata, kendaraan dari arah Pancoran akan diarahkan lurus ke Pasar Minggu. Dari putaran bawah jalan layang Kalibata kendaraan akan diarahkan lurus ke Jalan Dewi Sartika. Sementara kendaraan dari Jalan Dewi Sartika diarahkan belok ke Jalan Rawajati Timur atau memutar balik di bawah flyover Kalibata.

iklan

Menurut jurnalis CNN TV dalam laporannya, prosesi pemakaman istri Susilo Bambang Yudhoyono di TMP Kalibata akan berlangsung tertutup hanya untuk undangan. “Dari rekayasa lalu lintas yang dilakukan, kemungkinan besar pemakaman ini tertutup untuk masyarakat,” katanya.

Jenazah Ani akan dilepas dari Cikeas dengan upacara dan disambut upacara militer yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo di TMP Kalibata.

Masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir terhadap Ani bisa melakukannya di pendopo Puri Cikeas, mulai pukul 08.00 WIB pagi ini hingga pukul 12.00 WIB.

Setelah itu jenazah Ani akan disalatkan dan diantar ke TMP Kalibata.

Ani meninggal dalam usia 66 tahun di National University Hospital di Singapura, karena kanker, Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu setempat. Ani sudah masuk rumah sakit itu sejak Februari lalu dan kondisinya naik turun. Terakhir, ia sempat demam tinggi. Dari Singapura, jenazah Ani langsung dibawa ke Indonesia malam tadi. (cnnindonesia/ags/data1)

Iklan