Siap Mudik Pakai Mobil? Jangan Lupa Cek Kendaraanmu Dengan Tips Berikut

Ilustrasi (ist)
Iklan

Waspada.co.id – Mudik merupakan kegiatan yang umum dilakukan masyarakat Indonesia untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Sebagian besar pemudik, memilih menggunakan kendaraan pribadi terutama mobil untuk dibawa ke kampung halaman.

Lantas hal apa yang perlu dipersiapkan agar kendaraan jauh dari masalah selama diperjalanan?

Hang Tuah Jasa Said selaku pelaku usaha bengkel Locomotive Garage membagikan tips agar kendaraan kita tetap prima selama dipakai mudik ke kampung halaman.

Yang pertama Cek pelumas seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem dan power steering, apabila ada yg berkurang, maka sebaiknya diperiksakan secara khusus di bengkel dan pastikan apakah bisa hanya dengan ditambah pelumas atau harus dibongkar dan diperbaiki sebelum melakukan perjalanan.

iklan

Selanjutnya, Cek fungsi kelistrikan hingga aki mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran listrik.

“Biasanya bisa secara umum dilihat dari lampu indikator di speedometer,” ujarnya.

Lalu cek sistem pendingin, yaitu fungsi dari radiator mesin, pastikan air radiator cukup dan tidak ada kebocoran sehingga suhu mesin terjaga selama perjalanan dan terhindar dari overheat.

“Cek kondisi lampu jalan, lampu rem hingga lampu signal juga cek fungsi klakson hingga kaki-kaki dan kondisi ban agar tidak menimbulkan masalah di jalan,” tambahnya.

Hang juga menambahkan agar pengendara cek kelengkapan fungsi pengamanan seperti safety belt dan airbag untuk mengantisipasi hal2 yang tidak diinginkan. (Wol/ega/data2)

Iklan