Bawaslu Medan Curiga Banyak Kejanggalan di Pemilu 2019

WOL Photo/M Rizki

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan, Payung Harahap, berjanji akan menindaklanjuti segala kejanggalan dan temuan dugaan kecurangan yang dilakukan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), terlebih lagi atas temuan pergeseran suara yang terjadi di Kecamatan Medan Helvetia.

Di mana Ketua PPK Medan Helvetia Kunhidayat diduga kuat melalukan pergeseran suara kepada caleg tertentu.

“Indikasi kecurangan juga kami temukan di Kecamatan Medan Marelan dan Belawan. Modusnya sama yakni pergeseran suara caleg. Akan kami buat tabulasi mana yang dilanggar dan akan direkomendasikan ke KPU tentang catatan buruk PPK,” ungkapnya di sela-sela kegiatan rekapitulasi di Hotel Grand Ina, Sabtu (11/5).

Mengenai dugaan pelanggaran pidana, ia juga belum bisa memastikan termasuk dugaan adanya aliran dana ke PPK untuk melakukan pergeseran suara.

“Semalam ketika rekapitulasi Kecamatan Helvetia, Ketua PPK-nya buat surat permohonan maaf, kalau jika ada kesalahan atau kekeliruan saat melakukan perhitungan suara,” terangnya.

Advertisement

Sebelumnya, kecurangan Pemilu di Kecamatan Medan Helvetia mencuat. Modusnya, berupa pergeseran suara kepada sejumlah caleg, menyebabkan terbukanya kecurangan lain yang sudah lebih dulu dilakukan. Pelakunya diduga Ketua PPK Medan Helvetia Kunhidayat.

Dia berusaha menggelembungkan perolehan suara caleg. Dengan cara memindahkan suara caleg lain atau juga suara partai ke caleg yang memesan (order). Dengan imbalan tertentu. (wol/mrz/data1)

Editor: Agus Utama