ATKP Medan Akan Berubah Menjadi Poltekbang Dalam Waktu Dekat

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Tim Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang didampingi oleh tim Sekretariat Jenderal Kemenhub melakukan kunjungan ke Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan, Jumat (17/5) kemarin, sebagai tindak lanjut dari usulan penataan organisasi ATKP Medan menjadi Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan.

Saat ini, ATKP Medan telah mendapat rekomendasi dari Kemenristekdikti untuk menjadi Politeknik penerbangan satu-satunya di Provinsi Sumatera Utara. Terkait hal tersebut ATKP Medan telah mengusulkan perubahan Organisasi Tata Kerja (Ortaker) untuk dapat mengakomodir pelaksanaan Tupoksi Politeknik.

Asisten Deputi Bidang Kelembagaan Kemenpan dan RB, Hastory Mafis mengatakan pihaknya sudah menerima usulan perubahan Ortaker yang diusulkan oleh ATKP Medan dan sedang dalam proses tahap selanjutnya.

Kunjungan ke ATKP Medan ini, merupakan salah satu tahapan untuk melaksanakan evaluasi kelayakan pengajuan perubahan struktur organisasi.

“Pembahasan perubahan struktur organisasi akan dilakukan dan ditetapkan di pusat. Kami akan menyandingkan usulan tersebut dengan struktur organisasi lain yang sejenis untuk menghasilkan keputusan yang paling ideal dan efisien,” ujar Hastory.

Advertisement

Rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Perhubungan, Harry Kriswanto dan Kepala Bagian Kepegawaian BPSDM Perhubungan, Emmy Suhartie.

Hastory mengakui, pihaknya akan melakukan tahapan ini secara fair, dengan melihat perbandingan struktur organisasi di tempat lainnya. Pihaknya juga akan menganalisis, kemudian mengkordinasikannya dengan Biro Kepagawaian Kementerian Perhubungan.

Dalam kesempatan itu juga Harry Kriswanto menambahkan sehubungan dengan ATKP Medan yang sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU), maka ketika ATKP Medan, berubah menjadi Politeknik Penerbangan berharap agar dapat lebih kreatif memanfaatkan asset yang dimiliki untuk memenuhi target pendapatan yang telah ditentukan.

“Asal jangan keluar dari core bisnis ATKP Medan yang berada di wilayah pendidikan. Maka silahkan berkreasi untuk mencari pendapatan,” tuturnya.

Direktur ATKP Medan, Suyatmo, mengatakan saat ini ATKP Medan sudah memiliki empat program studi Diploma III. Jika mengacu pada aturan, memang sudah seharusnya berubah dari akademi menjadi Politeknik Penerbangan.

Empat prodi tersebut yaitu Pemanduan Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandara, Teknik Navigasi Udara dan Teknik Pesawat Udara. Hingga 2018, ATKP Medan juga sudah menghasilkan lulusan sejumlah 700 orang, yang tersebar bekerja pada beberapa stakeholder di bidang penerbangan dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota.

“Lebih dari 97 persen lulusan sudah diterima, sedangkan sisanya, masih melakukan magang di ATKP Medan,” pungkas Suyatmo. (wol/rls/mrz/data2)

Editor: Agus Utama