26 Daerah di Sumut Telah Selesai Rekapitulasi Surat Suara

foto: Komisioner KPU Sumut, Benget Manahan Silitonga

MEDAN, Waspada.co.id – KPU Sumut telah menyelesaikan penghitungan suara sejumlah 26 daerah pada rapat pleno terbuka yang digelar sejak Senin (6/5), di Hotel JW Marriot, Medan.

Adapun sejumlah daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasi, yakni Kabupaten Karo, Asahan, Pakpak Bharat, Batubara, Dairi, Simalungun, Serdang Badagai, Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah (Tapteng), Samosir, Padang Lawas, Humbahas, Toba Samosir, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Padang Lawas Utara, Madina, Labuhanbatu Utara, Langkat.

Kemudian, Kota Tebingtinggi, Binjai, Tanjungbalai, Sibolga, Pematangsiantar dan Padangsidempuan. Sementara untuk empat daerah lagi di Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias, dan Kabupaten Nias Barat.

Komisioner KPU Sumut, Benget Manahan Silitonga, Kamis (9/5), membenarkan bahwa 26 daerah yang sudah disetujui penghitungannya dan target sebanyak 30 daerah dapat ditangani.

“Kabupaten Deliserdang, Nias Selatan dan Kota Medan dipastikan tidak selesai hari ini. Kita (KPU) masih menunggu. Oleh karena itu menurut jadwal di PKPU Nomor 10 Tahun 2019 tentang pemilu, KPU provinsi masih punya waktu sampai tanggal 12 Mei 2019, itu rekapitulasi terakhir tingkat provinsi. Nanti tiga daerah ini akan kita cari teknisnya melaksanakan rekap ketiganya sebelum tanggal 12 Mei,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara itu, Mulia Banurea yang juga Komisioner KPU Sumut, menuturkan karena belum selesainya rekapitulasi untuk daerah Nias dan Gunungsitoli yang mempengaruhi permintaan Partai Nasdem dan PDI Perjuangan tentang ketidaksinkronan permintaan suara C1 dengan DA1.

“Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias dapat diselesaikan, ini hanya kesalahan menginput,” terangnya.

Sementara untuk Kabupaten Nias Selatan, Mulia mengaku masih ada perwakilan peserta pemilu yang melakukan protes di tingkat kabupaten.

“Kalau untuk di Kabupaten Deliserdang, ada 600 TPS lagi yang belum dilakukan penghitungan. Begitu juga untuk di Kota Medan, kita harapkan maksimal Jumat semua sudah rampung,” pungkasnya. (wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN