Pesawat Jatuh di Ethiopia, 157 Penumpang dan Awak Tewas

Ilustrasi (ist)
Iklan

NAIROBI, Waspada.co.id – Sebuah pesawat milik Ethiopian Airlines yang sedang terbang menuju Nairobi jatuh, Minggu (10/3) dini hari. Maskapai itu membawa 149 penumpang dan delapan awak di dalamnya.

“Pesawat dengan nomor penerbangan ET 302 itu jatuh di dekat Kota Bishoftu, yang terletak sekitar 62 kilometer tenggara Ibu Kota Ethiopia, Addis Ababa,” kata perusahaan penerbangan tersebut kepada Reuters.

Pihak maskapai menyebut pihaknya telah memastikan pesawat yang jatuh tersebut berjenis Boeing 737-800 MAX dengan angka registrasi ET-AVJ.

Pesawat tersebut meninggalkan Bandara Bole di Addis Ababa pada pukul 08.38 pagi waktu setempat, sebelum kehilangan kontak dengan menara pengawas, beberapa menit kemudian pada 08.44 pagi.

“Operasi pencarian dan penyelamatan tengah dilakukan dan kami belum bisa mengonfirmasi informasi tentang penumpang yang selamat atau korban yang mungkin ada,” kata pihak maskapai dalam pernyataannya.

iklan

Kantor Perdana Menteri Ethiopia mengucapkan belasungkawa melalui unggahan di Twitter kepada keluarga penumpang pesawat tersebut. Akan tetapi, pihak pemerintah tidak menyampaikan hal lebih detail.

Pesawat yang dimiliki oleh pemerintah Ethiopia tersebut merupakan salah satu perusahaan transportasi terbesar di Afrika, berdasarkan jumah armada yang dimiliki.

Maskapai tersebut dilaporkan telah mengangkut 10,6 juta penumpang pada tahun lalu.

Kecelakaan besar terakhir kali terjadi pada Januari 2010 lalu kala sebuah penerbangan dari Beirut gagal terbang usai lepas landas. (okz/cnn/data2)

Iklan