Huawei Diganggu, China Tuduh Diplomat Kanada Curi Rahasia Negara

Dua warga Kanada yang ditahan China: Michael Kovrig dan Michael Spavor. (voa)
Iklan

BEIJING, Waspada.co.id – China hari Senin (4/3) menuduh dua warga Kanada mencuri rahasia negara, beberapa hari setelah Kanada mengatakan akan mengadakan sidang pekan ini atas permintaan Amerika untuk mengekstradisi seorang eksekutif teknologi China yang dituduh melanggar sanksi perdagangan Amerika terhadap Iran.

Dalam apa yang disebut sebagai “perkembangan besar” dalam kasus itu, China menuduh mantan diplomat Kanada Michael Kovrig, yang ditahan Desember lalu, mengumpul dan mencuri “informasi sensitif dan intelijen lain” di China sejak tahun 2017.

Pengusaha Michael Spavor dituduh memberi intelijen kepada Kovrig. China menggambarkan Spavor sebagai “kontak penting” bagi Kovrig.

Pada masa lalu, Spavor memiliki kontak dengan pejabat tinggi Korea Utara, termasuk pemimpin Kim Jong Un.

Kedua orang Kanada itu ditahan tak lama setelah Meng Wanzhou, kepala keuangan perusahaan teknologi raksasa China, Huawei, ditangkap di Vancouver atas permintaan Amerika.

iklan

Pengadilan Kanada akan menggelar sidang ekstradisi hari Rabu. Ia mungkin dikirim ke Amerika untuk menghadapi dakwaan sanksi Iran, tetapi dengan banding atas keputusan, mungkin kasus ini baru selesai setelah berbulan-bulan. (voa)

Iklan