Dua Pejudo NPC Sumut Lolos Seleknas

WOL Photo/Arianda

MEDAN, Waspada.co.id – Dua pejudo asal Sumatera Utara memastikan lolos masuk Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) National Paralympic Committee (NPC) Pusat sebagai persiapan menuju Asean Para Games 2020 di Filipina.

Keduanya adalah Sahrul Sulaiman (73 kg/B12 putra dan Junifor Bate (81 kg) B12 putra. Seleknas menerapkan sistem pertandingan, di mana kedua pejudo sumut sukses merebut juara. Sahrul dan Junifor pun dinyatakan lolos seleknas tahap pertama.

Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting, mengaku bangga atas pencapaian dua pejudonya yang lolos untuk pertama kalinya ke Pelatnas. Pencapaian ini dikatakan Alan memang sudah sesuai prediksi awal berdasarkan prestasi dan persiapan selama kurang lebih tiga tahun.

“Dua atlet ini memang sudah kami prediksi lolos ke Pelatnas. Saya yakin karena sejak Peparnas 2016 terus latihan sampai saat ini. Kita sangat bangga mereka bisa membuktikan diri sebagai juara,” jelas Alan, Senin (4/3).

Bagi Junifor, ini menjadi pertama kalinya mampu menembus pelatnas. Pada seleknas persiapan menuju Asian Para Games 2018 silam, peraih medali emas Peparnas 2016 ini terkendala masalah usia.

Advertisement

“Junifor memang sejak tahun lalu sudah kita berikan ke pusat data prestasi dia. Cuma karena seleksi di Asian Para Games 2018 tidak lolos karena alasan tertentu. Alhamdulillah, Junifor bisa membuktikan pantas masuk pelatnas dan atlet yang kita kirim benar-benar berkualitas dan tidak sembarangan,” kata Alan.

Mampu menembus ke Pelatnas tidak menjadi jaminan bagi kedua pejudo otomatis bisa berlaga di ASEAN Para Games 2020 Filipina. Mengingat di pelatnas tetap memberlakukan sistem promosi degradasi sebelum penentuan.

“Untuk paracycling kita juga sudah siapkan empat atlet. Di atletik juga kami sudah lama berkoordinasi dengan pusat dan meminta atlet-atlet berpotensi dikirim ke pelatnas,” tuntasnya. (wol/at/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL