Ditlantas Poldasu Koordinasi Antisipasi Kemacatan di Jalur Berastagi

foto: Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Yuli Kurniawan
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumatera Utara dan Polrestabes Medan, berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel di Tanah Karo untuk mengantisipasi kemacatan arus lalu lintas di jalur Medan-Berastagi.

“Ini memang sudah menjadi atensi kita untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur atas (Berastagi). Apalagi saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu serta libur sekolah,” ujar Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Yulli Kurniawan, Sabtu (2/3).

Ia menyatakan hampir setiap hari libur tiba, baik itu Polrestabes dan Polda Sumut sudah berkordinasi untuk menurunkan personel mengatur arus lalu lintas.

“Kendala kita cuma ruas jalan. Misal, ada kendaraan yang mogok di jalur atas Berastagi volume kendaraan cukup tinggi. Apalagi yang mogok itu mobil truk,” ujarnya.

Yulli mengaku, apabila ada kepadatan arus lalu lintas di jalur atas pihaknya langsung menurunkan anggota untuk memantau ataupun mencari sumber kepadatannya dengan menggunakan sepeda motor.

iklan

“Setelah mengetahui akar masalahnya, baru kita lakukan pengaturan arus lalin,” katanya.

Yulli menyatakan pihaknya juga sudah berkordinasi dengan pihak-pihak hotel yang ada di Berastagi.

“Kami mendata berapa kendaraan yang menginap di masing masing hotel. Termasuk mencatat waktu mereka untuk pulang,” akunya.

Jadi, sambungnya, pihaknya mengetahui kapan terjadi lonjakan volume kendaraan saat libur tiba.

Apabila tingkat okupansi setiap hotel di Brastagi mencapai 80 persen, sambungnya, kepadatan volume kendaraan tidak akan menyebabkan kemacatan.

Pada intinya, kata Yulli, kemacatan ataupun kepadatan arus lalu lintas terjadi apabila ada kendaraan yang mogok. “Terutama mogoknya berada di posisi tanjakan seperti tikungan Tirtanadi,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan