Sidang Besok Pakai Rompi, Kejati Jatim: Ahmad Dhani Bukan Tahanan Politik

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Sunarta. (ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Sunarta memastikan, pihaknya akan memakaikan rompi tahanan terhadap Ahmad Dhani Prasetyo, terdakwa perkara pencemaran nama baik dalam vlog berujar ‘idiot’, pada sidang pekan depan.

Selain lantaran Standar Operasional Prosedur (SOP), menurut Sunarta, rompi tahanan perlu demi keamanan dan antisipasi terdakwa kabur.

Setiap terdakwa berstatus tahanan yang disidangkan di Pengadilan Negeri Surabaya biasanya dikenakan rompi tahanan. Rompi berwarna hijau kekuning-kuningan itu untuk terdakwa yang ditangani Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Sementara rompi warna merah untuk terdakwa dari Kejati Jatim dan Kejari Surabaya.

Tidak hanya rompi tahanan, biasanya tangan terdakwa yang ditahan juga diborgol saat keluar dari dalam kendaraan tahanan menuju ruang tahanan sementara pengadilan. Kemudian, ketika dibawa dari ruang tahanan sementara menuju ruang sidang.

Namun, Ahmad Dhani tampil dengan kaus santai bertuliskan ‘Tahanan Politik’ saat sidang perdana di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis, 7 Februari 2019.

Advertisement

“Ke depan sama, ya (Ahmad Dhani) akan disidang dengan mengenakan rompi tahanan,” kata Sunarta di kantor Kejati Jatim, di Surabaya, Jumat, 8 Februari 2019.

Dia menjelaskan, kejaksaan memiliki SOP untuk memakaikan rompi tahanan terhadap terdakwa yang berstatus tahanan. Karena Dhani berstatus tahanan dalam perkara ujaran kebencian di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, dia juga akan diperlakukan sama dengan tahanan lain.

“Dan dia bukan tahanan politik, tahanan pidana umum,” kata Sunarta.

Ada beberapa alasan kenapa terdakwa berstatus tahanan harus dipakaikan rompi tahanan. Di antaranya untuk menjaga keamanan dan mudah diawasi. Dengan rompi tahanan, terdakwa mudah diketahui dan terawasi ketika berbaur dengan pengunjung di pengadilan.

“Karena pernah saya pengalaman di suatu tempat, dia (terdakwa ditahan) hanya pakai satu rompi karena kurang itu (diawasi), dibuang dia lalu bergabung dengan pengunjung lain kemudian dia kabur. Jadi (rompi tahanan) untuk memudahkan identifikasi,” kata Sunarta.

Saat ini, Ahmad Dhani mendekam di Rutan Kelas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Di sana, musikus dan politikus Partai Gerindra itu dititipkan jaksa hingga seluruh agenda sidang pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Surabaya selesai. Dhani juga berstatus tahanan untuk perkara ujaran kebencian yang ditangani Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. (viva/ags/data2)