Putra Mahkota Saudi Tunda Kunjungan ke Indonesia

foto: Putera Mahkota Arab (Reuters)

JAKARTA, Waspada.co.id – Kunjungan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia ditunda pelaksanaannya.

Mengutip laman resmi Kementarian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Sabtu (16/2), kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi tersebut ditunda untuk ke kawasan Asia Tenggara, yakni Indonesia dan Malaysia. Untuk Indonesia sendiri sebelumnya dijadwalkan tiba pada tanggal 18 Februari 2019.

Kementerian Luar Negeri akan berkomunikasi ke pihak Arab Saudi untuk menentukan jadwal baru. Sekaligus, untuk memastikan hasil-hasil kunjungan (deliverables) yang lebih optimal.

Sebelumnya, Pemimpin Modernisasi dan Reformasi Arab Saudi dan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS) akan mengunjungi Indonesia pada Senin 19 Februari 2019. Sejumlah agenda telah dipersiapkan dalam lawatannya ke Tanah Air.

Advertisement

MBS akan melakukan pertemuan bilateral untuk membahas penguatan hubungan ekonomi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kunjungan ini merupakan bagian dari tour Asia yang dilakukan MBS untuk mengumumkan investasi di bidang energi dan infrastruktur di India dan Pakistan guna menghentikan ketergantungan negaranya dengan ekspor minyak.

Indonesia-Arab Saudi merupakan negara mayoritas Islam dengan populasi terbesar di dunia. MBS merupakan sosok yang vokal untuk penyetaraan hak perempuan di kerajaannya seperti cara berpakaian dan akses untuk bekerja. (okz/data1)