JPU Tolak Semua Eksepsi Ahmad Dhani

Sidang Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur (foto: Syaiful Islam/Okezone)
agregasi

 

SURABAYA – Sidang perkara pencemaran nama baik dengan terdakwa Ahmad Dhani kembali digelar di PN Surabaya, Kamis (14/2/2019). Dalam sidang ketiga ini agendanya tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas eksepsi penasehat hukum Ahmad Dhani.

Ada lima poin dalam eksepsi yang dibacakan penasehat hukum Ahmad Dhani. Salah satunya yakni dalam penerapan pasal 27 ayat 3 dianggap keliru oleh penasehat hukum. Selain itu, berkas dalam dakwaan JPU juga tidak diberi tanggal. Serta yang melaporkan seharusnya perseorangan, bukan badan.

“Kami menolak semua poin eksepsi Ahmad Dhani. Karena eksepsinya tidak mendasar,” terang JPU, Rahmat Hari Basuki, pada wartawan saat ditemui usai sidang di PN Surabaya.

Menurutnya, dakwaan yang dibacakan JPU pada sidang pertama sudah sesuai dengan Undang-Undang. Di mana dakwaannya telah diberi tanggal, dan diterima panitera PN Surabaya.

Advertisement

Kemudian mengenai pihak yang melaporkan perkara ujaran kebencian adalah subjek dari organisasi yang berbadan hukum. Bukan objek, tapi ada subjeknya yaitu orang-orang yang ditunjuk sebagai ketua atau anggota.

“Itulah yang melaporkan. Jadi kami nilai dakwaan ini sudah sesuai dengan UU. Untuk itu Majelis Hakim agar memutuskan menolak eksepsi dari penasehat hukum, dan menetapkan perkara ini untuk dilanjutkan,” ucap Hari.