Debat Capres Kedua, Jokowi Bakal Fokus ke Infrastruktur dan Energi

Presiden Jokowi (Reuters)
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo sudah mempersiapkan diri menghadapi debat capres kedua Pilpres 2019 yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta. Sebelum memulai debat, Jokowi menyatakan bakal fokus pada dua sektor tema.

“Banyak difokuskan ke infrastruktur dan di energi,” kata Jokowi di di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (17/2).

Jokowi mengaku tidak terlalu khawatir dengan debat capres kedua. Dia mengungkapkan sudah terbiasa dengan tema itu dan hanya akan membeberkan kinerjanya di bidang energi hingga lingkungan pada debat nanti.

“Ini sudah kita kerjakan sehari-hari, baik sudah jadi tugas kita di bidang energi, infrastruktur, pangan, lingkungan hidup kan sudah jadi kita lakukan dan apa visi yang kita kerjakan,” jelas Jokowi.

Soal agraria, Jokowi masih akan lebih banyak menjelaskan terkait konsesi dan sertifikasi tanah. Ia membeberkan bakal menjelaskan mengenai sekitar 2,5 juta hektare tanah yang konsesinya diserahkan kepada rakyat.

iklan

Kemudian Jokowi akan mencoba menyinggung terkait jumlah sertifikasi tanah yang terus meningkat, yakni 5 juta sertifikat pada 2017 dan 7 juta sertifikat tanah yang diberikan kepada masyarakat pada 2018.

“Ini juga dalam rangka memberikan kepastian hukum tanah diberikan kepada rakyat. Ya tergantung situasi saja, kita santai saja,” beber dia.

Dalam pertemuan jelang debat, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Widodo. Kemudian tampak Kahiyang Ayu, Bobby, dan putri mereka, Seda Mira. Kelimanya kompak mengenakan pakaian bernuansa putih.

Kendati begitu yang masuk ke dalam lokasi debat ialah Iriana dan Bobby. Sementara keluarga Gibran dan Kaesang sedang berada di luar kota.

“Ini [Bobby] kan juga tadi baru saja datang dari Kalimantan,” kata Jokowi. “Dua duanya [Kaesang dan Gibran] masih kuliah yang satu sibuk pekerjaan. Mengatur waktunya aja kita,” tutup Jokowi.

Debat capres kedua yang berlangsung Minggu (17/2) malam di Golden Ballroom Hotel Sultan akan mempertemukan capres nomor urut 01 Joko Widodo dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Acara itu akan dimulai pukul 20.00 WIB.

Kedua capres tersebut akan bertarung ide, visi, dan misi dalam tema yang mengangkat topik energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

KPU tetap menyiapkan enam segmen pada debat yang mencakup: penyampaian visi-misi (segmen 1), pertanyaan tim panelis (segmen 2-3), debat eksploratif dengan pemantik diskusi berupa video singkat, capres tarung bebas, dan kemudian pernyataan penutup.

Debat kedua ini bakal dipandu oleh moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (cnnindonesia/ags/data2)

Iklan