Ahmad Dhani Masih Terdaftar Sebagai Caleg Gerindra

Foto: Okezone/Heru Haryono
Iklan

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan surat keputusan pencoretan calon anggota DPR RI Mandala Abadi alias Mandala Shoji pada Pemilu 2019, karena melakukan pelanggaran pemilu. Bagaimana dengan Dhani?

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, mengatakan jika musisi Ahmad Dhani masih berstatus Caleg DPR RI dari Gerindra untuk daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur. Proses hukum Dhani di PN Surabaya untuk kasus pencemaran nama baik tidak mengugurkan pencalonan Dhani karena belum inkrah.

“Ahmad Dhani tidak dicoret karena belum ada keputusan yang inkrah atas kasusnya,” kata Ilham melalui pesan singkat, Senin (25/2/2019).

Ahmad Dhani dinyatakan terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana ujaran kebencian di media sosial di PN Jakarta Selatan, Senin, 28 Januari 2019 lalu.

Hakim memvonis Ahmad Dhani 18 bulan penjara, dan langsung menjalani penahanan di Rutan Cipinang. Sepuluh hari di Rutan Cipinang, Ahmad Dhani dipindahkan ke Rutan Medaeng, Sidoarjo untuk menjalani persidangan atas perkara pencemaran nama baik lainnya.

iklan

Kasus Ahmad Dhani di Surabaya terkait dengan ucapannya di media sosial. Ucapan Dhani dinilai menyinggung sebuah kelompok atau organisasi massa saat aksi Deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya pada 26 Agustus 2018. (inilah/ags/data1)

Iklan