Gus Irawan: Stop Penebangan Hutan di Danau Toba

WOL Photo/Ist

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPRRI Gus Irawan Pasaribu mengakui keindahan alam Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sangat bernilai jual tinggi. Untuk itu, dia meminta harus dipertahankan dan penebangan kayu dihentikan.

“Jangan ada penebangan kayu lagi, mari bersama sama menjaga alam ini karena cukup bernilai tinggi, khususnya sungai dan pegunungannya,” ujar Gus Irawan Pasaribu, kepada wartawan di Medan, Selasa (15/1) lalu.

Dia mengatakan, dari sejumlah desa tertinggal yang sudah dijalani olehnya, Desa Sipagabu dan Liat Tondung di Kecamatan Nassau memiliki keunikan tersendiri.

Mantan Direktur Bank Sumut ini berharap alam harus benar benar dijaga baik masyarakat dan pemerintah daerah.

“Harus kita akui, sungai yang saat ini dikatakan belum pernah kekeringan dan saat ini dapat memutar turbin PLTMH, kalau tiba tiba mengalami kekeringan karena perambahan hutan, bagaimana, listrik tidak akan hidup lagi, siapa yang bertanggung jawab,” terangnya.

Advertisement

Untuk itu, disampaikan dia, agar benar benar pemerintah setempat menjamin keberadaan alam tidak tercederai. “Mari sama sama memberikan tanggung jawab moral akan keindahan dan keunggulan alam ini,” tambahnya. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama