Sektor Properti Optimis Tahun 2019

Foto: Wakil Ketua Umum Kadin Sumut, Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan. (WOL Photo)
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Sejak 2013, pertumbuhan sektor properti di Indonesia sudah mulai melambat.

Namun diprediksi di 2019 nanti, sektor tersebut bakal tumbuh sekitar 10 persen dibandingkan tahun 2018 dan ini waktu yang tepat bagi pengembang kembali membeli lahan.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) Bidang Infrastruktur dan Properti, Tomi Wistan, sebenarnya di penghujung 2018 sebagian teman-teman pengembang malah sudah merasakan properti bertumbuh.

“Secara umum, lanjutnya, di 2019 akan terjadi landasan menuju ke take off meski ditahun politik artinya properti bakal bergerak tumbuh,” tuturnya.

Jika kondisi properti melambat maka harga tidak akan naik, jadi bagi masyarakat, membeli properti yang baik itu mulai tahun ini hingga tahun depan.

iklan

“Sedangkan bagi pengembang, boleh siap-siap cari lahan lagi. Kalau sudah mulai baik maka harga lahan bakal akan naik,” ungkapnya.

Dan diprediksi dengan gejolak yang tidak berarti (tahun politik) maka properti menengah ke atas tumbuh sekitar 10 persen di 2019 nanti.

“Sedangkan di 2018 memang tumbuh, tapi hanya di beberapa kalangan pengembang dan terasa di menengah ke bawah dan itu tidak banyak di bawah 10 persen,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Iklan