Sekda Pastikan Guru Honor Sekolah Negeri Dapat Bantuan Dari Pemko

Sekretaris Daerah Kota Medan, Wirya Alrahman.(WOL Photo/M. Rizki)

MEDAN, Waspada.co.id – Sekretaris Daerah Kota Medan, Wirya Alrahman, memastikan 1.962 guru honor yang ada di sekolah negeri akan mendapatkan bantuan dari Pemko Medan. Begitupun ada regulasi yang harus dilakukan, agar pembagian bantuan tersebut menjadi adil dan merata.

Menurut sepengetahuannya, guru honor sekolah negeri memiliki sumber pendapatan atau gaji dari dana BOS, APBD dan lainnya. Memang, awalnya anggaran Rp15 miliar yang disahkan Pemko Medan bersama DPRD Medan akan dibagikan kepada guru honor tersebut. Akan tetapi, untuk konsep yang adil diperlukan perhitungan yang tidak merugikan satu pihak.

“Nah, seperti apa pola pembagiannya, silahkan konfirmasi ke Plt Kadis Pendidikan (Ramlan Tarigan, red). Sebab, beliau yang mengetahui formulasinya seperti apa nanti. Kitakan mau seluruh guru honor mendapatkan haknya. Mengenai berapa nomimal yang akan diterima, mereka (Disdik) yang tahu,” ucapnya, Selasa (18/12).

Wirya menambahkan, setiap guru honor memiliki masa kerja yang berbeda. Agar konsep pemerataan tetap berjalan, maka pihaknya mempercayakan Dinas Pendidikan untuk mendata seluruh guru honor yang ada.

“Kita rencananya akan membagikan kepada guru honor yang mengabdi di atas 5 tahun. Mungkin waktu penganggaran kala itu belum ada lima tahun. Tapi setelah pengesahan anggaran mereka sudah lima tahun.. Enggak mungkin juga tidak mendapat? Nah, makanya supaya adil, kita minta Disdik untuk membuatnya supaya pembagiannya merata,” pungkasnya. (wol/mrz/data2)

Advertisement

Editor: SASTROY BANGUN