Hanura: Perlu Kesamaan Pekerja Tanpa Diskriminasi

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – DPRD Medan bersama Pemko Medan setujui Ranperda Penyelenggaraan Ketenagakerjaan. Persetujuan menjadi Perda setelah fraksi-fraksi di DPRD Medan menyampaikan pendapat menerima dan menyetujui laporan panitia khusus (pansus).

Dewan menilai, betapa pentingnya suatu Perda untuk melakukan pembinaan dan pengendalian atas penyelenggaraan ketenagakerjaan.

“Perlu pembinaan dan pengawasan perizinan dan peran pemerintah untuk melakukan perlindungan terhadap tenaga kerja menjamin hak-hak dasar pekerja dan menjamin kesamaan tanpa diskriminasi,” sebut Jangga Siregar selaku juru bicara Fraksi Partai Hanura DPRD Medan saat pengambilan keputusan bersama terhadap Ranperda Kota Medan tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan dalam rapat paripurna di gedung DPRD, Senin (10/12).

Dikatakan, masalah ketenagakerjaan akan semakin kompleks maka perlu penanganan khusus. Kepada pelaku usaha yang bergerak di bidang penyelenggaraan ketenagakerjaan harus mampu mengambil langkah dan antisipasi serta mampu menampung segala perkembangan.

Ditambahkan, upaya penertiban harus terus dilakukan secara berkesinambungan agar peraturan perundang undangan dapat dilaksanakan secara efektif oleh pelaku penyelenggara ketenagakerjaan.

Advertisement

Sedangkan penerapan peraturan perundang undangan ketenagakerjaan juga dimaksudkan untuk menjaga hubungan kerja guna tercapainya keseimbangan, antara hak dan kewajiban bagi pengusaha dan pekerja sehingga kelangsung usaha dan kenyamanan kerja dalam meningkatkan produktifitas kerja serta kesejahteraan tenaga kerja dapat terjamin.

Masih kata Jangga, untuk menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi diatur dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan UU Nomor 21 tahun 2003 tentang pengawasan ketenagakerjaan dalam industri dan perdagangan.(wol/mrz/data1)

Editor: SASTROY BANGUN