Gunung Agung Erupsi, 7 Daerah Terdampak Hujan Abu

Hujan abu menutup kendaraan milik warga. Foto: Okezone/BPBD Karangasem, Bali
Iklan

JAKARTA – Sejumlah daerah terdampak hujan abu imbas Gunung Agung yang kembali erupsi pada pukul 04.09 WIB, Minggu (30/12/2018).

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Kabupaten Karangasem, Bali, ada tujuh daerah yang terimbas hujan abu.

Wilayah tersebut Banjar Dinas Uma Anyar Ababi bagian barat, Kota Amlapura, Desa Seraya Barat, Desa Seraya Tengah Banjar Dinas Ujung Pesisi, Lingkungan Pesagi dan Lingkungan Pebukit, Desa Tenggalinggah, dan Kantor BPBD terdapat hujan abu ringan.

Berdasarkan hasil koordinasi Kepala Desa Ban dan Desa Dukuh, Gunung Agung terpantau cerah saat ini dan tidak terpantau ada asap keluar dan hujan abu. Desa Jungutan dan Pantauan dari Kantor BPBD Gunung Agung tertutup mendung tebal

iklan

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam Ttwitternya menginformasikan hujan abu terjadi karena Gunung Agung mengalami erupsi kecil.

Saat ini, Gunung Agung berstatus siaga atau Level III. Masyarakat diimbau menjauhi radius 4 km dari puncak kawah. “(Masyarakat) tetap tenang. Kondisi aman. Selamat merayakan liburan di Bali,” tulis Sutopo.

Iklan