Yusril Tantang Prabowo Sumpah Pocong, Gerindra Pilih Jalur Hukum

Prabowo Subianto. Foto: Okezone/Heru Haryono
agregasi

 

JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menantang Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melakukan sumpah pocong. Permintaan ini menyusul adanya candaan Prabowo yang menyebut PBB sebagai ‘Partai Buatan Bowo’.

Menanggapi tantangan itu, Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro meminta Yusril sebaiknya menempuh jalur hukum ketimbang melalui sumpah pocong bila merasa dirugikan oleh Prabowo.

“Penyelesaian secara hukum akan lebih jelas dan terukur. Dalam proses pengadilan, masing-masing pihak juga bisa menyampaikan bukti-bukti yang dimilikinya,” ujar Nizar kepada Okezone, Senin (26/11/2018).

“Penyelesaian lewat sumpah pocong sulit diukur kebenarannya. Lebih baik Yusril Ihza Mahendra memilih jalur hukum, apalagi beliau adalah pengacara kondang,” imbuh Nizar.

Advertisement

Yusril

Menurut Nizar dengan digelarnya suatu kasus di meja pengadilan akan memberikan pelajaran kepada publik tentang kebenaran suatu kasus.

“Akan terungkap mana pihak yang bersalah dan mana yang berbohong,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ditantang sumpah pocong oleh Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra. Tantangan ini menyusul pernyataan Prabowo soal klaim dirinya menyebut PBB sebagai ‘Partai Buatan Bowo’.

Sumpah pocong ini berawal dari pernyataan Prabowo dalam acara pembekalan relawan di Istora Senayan, Jakarta, Kamis 22 Novemver 2018 lalu dimana saat itu perwakilan PBB hadir dalam acara tersebut.

“PBB hadir? Wah, luar biasa,” ujar Prabowo.

“Kalau enggak hadir ya kebangetan. Dulu katanya Partai Buatan Bowo,” imbuhnya berkelakar.

Candaan itu dibalas Yusril. Meski tak mempersoalkannya ia berharap Prabowo juga bisa ikut membesarkan PBB. Namun, Yusril juga menantang Prabowo dengan sumpah pocong bila memang benar ikut mendirikan PBB.

“Kalau ada orang bilang bapak bukan pendiri terus dia bilang pendiri, tinggal dibilang bapak mau sumpah pocong enggak? Bukan sumpah mubahalah, sumpah pocong saja,” kata Yusril usai acara Konsolidasi Partai dan Pemantapan Caleg PBB se-Jatim di Asrama Haji Surabaya, Sabtu 24 November 2018 lalu.