Polisi Kawal Demo Buruh di Kantor Gubsu

WOL Photo

MEDAN, Waspada.co.id – Aparat kepolisian dari Polda Sumut, Polrestabes Medan, dan Polsek Medan Baru, melakukan penjagaan dan pengawalan ketat aksi demo buruh di depan Kantor Gubernur Sumatera, Jalan Diponegoro, Selasa (6/11).

Tampak para personil polisi berbaris di depan Kantor Gubsu mengantisipasi terjadinya keributan saat para buruh menyampaikan aspirasinya mengenai penolakan penetapan UMP Sumut 2019 yang hanya Rp2,3 juta.

“Kami berharap penyampaian aspirasi berjalan aman dan tertib tanpa adanya keributan,” terang Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto.

Diketahui, ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Pekerja/Buruh Daerah Sumatera Utara yang berasal dari 8 elemen serikat buruh, yakni Serbundo, SPI, SBMI, GSBI, SBSI, KPR OPPUK, dan LBH Medan ini menuntut Gubernur Sumut menaikkan lagi UMP Sumut 2019 di atas Rp 2,3 juta dan mendesak agar PP Nomor 78 tentang Pengupahan dihapus.

“Ada dua tuntutan kita hari ini dan akan kita sampaikan kepada Gubernur yang baru, Edy Rahmayadi. Yakni menolak penetapan UMP 2019 sekitar Rp2,3 juta atau hanya naik 8,3% dari sebelumnya. Selain itu kita juga menuntut pemerintah kita agar menghapus Peraturan Pemerintah Nomor 78 tentang Pengupahan,” sebut Eben selaku koordinator aksi dari GSBI. (wol/lvz/data2)

Advertisement

Editor: SASTROY BANGUN