Keluarga Korban Minta Transparansi Soal Rekaman Black Box

Antara
Iklan
agregasi

 

TANGERANG SELATAN, Waspada.co.id – Salah satu keluarga korban mendesak agar rekaman dari black box atau kotak hitam dibuka secara transparan ke publik. Hal itu untuk menjawab rasa penasaran akan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Karawang.

Hal itu disampaikan Muhammad Sidik, ayah dari Dodi Junaedi, Kasie Pidsus Kejari Pangkal Pinang yang jadi korban kecelakaan. Menurut Sidik, transparansi dibutuhkan guna mengetahui secara teknis kejadian dalam kokpit pesawat.

“Ini kan untuk transparansi saja, kita sebagai pihak keluarga juga berhak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Bahkan masyarakat luas juga perlu mengetahui, agar bisa jadi evaluasi. Makanya perlu mengetahui utuh isi rekaman itu,” kata Sidik di Tangerang Selatan, Jumat (2/11).

“Ini bukan waktu yang tepat untuk menyalahkan pihak mana atas musibah itu. Tapi saya rasa transparansi perlu bagi penerbangan di Indonesia ke depannya. Karena kita semua tahu, itu pesawat baru, kenapa bisa terjadi,” sambungnya.

iklan

Salah satu bagian dari kotak hitam pesawat nahas itu berhasil ditemukan pada Kamis (1/11). Pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan akan langsung menindaklanjuti temuan satu dari dua bagian kotak hitam tersebut.

Bagian dari kotak hitam yang diduga Flight Data Recorder (FDR) tersebut ditemukan tim penyelam dari Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Marinir TNI AL pada kedalaman 32 meter. Bagian ini menyimpan segala aktivitas pesawat, data ketinggian pesawat saat mengudara serta gangguan turbulensi. (wol/aa/okz/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Iklan