Jumlah Uang yang Disita KPK dalam OTT Hakim PN Jaksel 45 Ribu Dolar Singapura

Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Arie/Okezone)
Iklan

JAKARTA – Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang tunai pecahan dolar Singapura dalam Operasi Tangkap T‎angan (OTT) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Total uang yang disita penyidik mencapai sekitar 45 ribu dolar Singapura.

“Uang yang diamankan sekitar SGD45 ribuan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Tim penindakan sendiri telah mengamankan enam orang dalam operasi senyap tersebut. Mereka di antaranya, hakim, pengacara dan panitera. Keenamnya langsung diperiksa intensif di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Diduga, mereka diamankan lantaran menerima hadiah atau janji terkait penanganan perkara perdata yang sedang disidangkan di pengadilan yang beralamat di Jalan Ampera Raya itu. Febri menjelaskan bahwa akan terjadi transaksi terkait penanganan perkara di sana.

iklan

Gedung KPK

“Kami menindaklanjuti informasi yang didapatkan diduga akan terjadi transaksi terkait penanganan perkara di PN Jakarta Selatan,” kata Febri.

KPK kini memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum selanjutnya terhadap enam orang yang diamankan tersebut.

Iklan