Jalur Layang KAI Siap Beroperasi Maret 2019

WOL Photo/Eko Kurniawan
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Jalur layang Kereta Api Indonesia (KAI) siap beroperasi Maret 2019, dan pengerjaannya rampung mencapai 94 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen Medan Wilayah 1 Balai Teknik Perkeretaapian, Fahrul Rifai menuturkan bahwa sampai saat ini terus dilakukan pengerjaan dan sudah mencapai 94 persen.

“Sejauh ini tak ada kendala, namun memang kita melakukan penambahan waktu dari target yang sudah kita tentukan, faktornya karena akses pengerjaan yang semakin sempit, sehingga membutuhkan waktu tambahan,” tuturnya di Medan, Jumat (23/11).

Jadi ditargetkan awal Maret 2019, jalur layang kereta api dari Stasiun Pulo Brayan ke Stasiun Medan dan Stasiun Medan ke Mandala sudah bisa beroperasi. Sehingga pekerja sudah ada untuk pengiriman ke jalur tersebut dan memang butuh penambahan waktu untuk memasang Box Girder maka pemasangan relnya itu jadi terhambat.

“Jadwal operasi memang mundur tapi kalau untuk masalah lain tidak ada. Sebelumnya, pengerjaannya bisa mengangkat Box Girder langsung dari bawah dan sekarang harus mengangkat ke atas dan diletakkan ke truk baru digantung dan diangkat,” terangnya.

iklan

Walau ada penambahan waktu pengerjaan akan tetapi tidak ada penambahan biaya karena memang dihitung berdasarkan beberapa banyak yang terpasang.

“Harapan kita, masyarakat bisa tetap mendukung agar dapat segera digunakan, karena ini merupakan jalur layang pertama di Sumut. Nantinya akan digunakan untuk perjalanan menuju ke Kualanamu dengan perjalanan sekitar 42 perjalanan Medan-Kualanamu dan sebaliknya,” jelas Fahrul Rifai.

Ditambahkan, untuk jalur kereta api bawah, akan tetap digunakan perjalanan jauh seperti ke Tebingtinggi, Rantauprapat, dan Tanjungbalai.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Iklan