Korban Tewas Musibah Kapal Terbalik Tanzania Mencapai 224 Orang

foto: (AFP Photo)

DODOMA,Waspada.co.id – Pihak berwenang Tanzania mengatakan pada Minggu bahwa jumlah korban tewas musibah tenggelamnya kapal feri di Danau Victoria telah mencapai 224 orang. Manajer kapal feri nahas itu juga telah ditahan untuk diperiksa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kapal Feri MV Nyerere terbalik pada Kamis malam, hanya beberapa meter dari pelabuhan Ukerewe, pulau terbesar di Danau Victoria.

Menteri Pekerjaan, Transportasi dan Komunikasi Tanzania, Isack Kamwelwe mengatakan kepada stasiun penyiaran negara, TBC, bahwa korban tewas saat ini telah meningkat menjadi 224 orang.

Sejauh ini, pihak berwenang belum mengumumkan penyebab pasti tenggelamnya kapal, tetapi penyelidikan awal menunjukkan bahwa kapal tersebut membawa penumpang jauh lebih banyak dari kapasitasnya dan jumlah yang diizinkan. Perdana Menteri Kassim Majaliwa mengatakan kepada TBC bahwa semua pejabat yang terlibat dalam memanajemen kapal feri itu telah ditahan.

“Pemerintah akan membentuk komisi investigasi khusus dari para ahli yang akan menyelidiki sumber kecelakaan dan tindakan hukum akan diambil terhadap semua orang yang terlibat dalam menyebabkan tragedi itu,” katanya sebagaimana dilansir Reuters, Senin (24/9).

Advertisement

Tim pencarian dan penyelamatan telah mencoba untuk membalikkan kapal ke posisi normal sehingga dapat ditarik ke dermaga. Pimpinan militer, Jenderal Venance Mabeyo mengatakan langkah ini bisa memakan waktu dua hingga tiga hari. (okz/data1)