Akankah Perang Dagang China-AS Segera Berakhir?

Foto: ilustrasi (asianews.it)

BEIJING,Waspada.co.id – China juga menyatakan keinginannya untuk segera mengakhiri ketegangan perang dagang dengan Amerika Serikat. Menteri Perdagangan China menyatakan, dia percaya bahwa kedua negara ingin agar eskalasi persaingan ini tidak bertambah.

Perang dagang disebut tak perlu diteruskan, sebagaimana disampaikannya pada Kamis, (13/9), dilansir dari laman Reuters. Juru Bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng, mengatakan bahwa komunikasi antara China dan AS terus dilanjutkan untuk melokalisasi isu ini.

“China dan AS akan diskusi lebih lanjut tentunya,” kata dia. AS sebagaimana diberitakan CNN Amerika Serikat menawarkan kerja sama dagang baru dengan China. Upaya ini akan meninjau ulang persoalan tarif dan perluasan komoditas asal China yang bisa diterima oleh AS.

Penasihat ekonomi Presiden AS Donald Trump, Larry Kudrow, membenarkan soal hal tersebut.

“Memang akan ada sejumlah diskusi dan juga informasinya kami akan menerima pemerintah China, orang pentingnya untuk bisa menemukan kesepakatan,” kata Larry Kudlow.

Adanya proposal rencana kesepakatan baru antara China dan AS ini muncul setelah persaingan dan perang dagang berlanjut antara dua kekuatan ekonomi dunia tersebut.

Sementara itu, Trump pada pekan lalu mengatakan bahwa dia berharap tawaran tarif baru dari AS atas komoditas senilai US$200 miliar akan bisa membawa pengaruh baik pada hubungan AS dan China. (cnn/data1)