Pemuda Memiliki Unsur Penting Mengisi Kemerdekaan

WOL Photo
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh pemuda merupakan unsur penting dalam mengisi kemerdekaan negara ini. Karena itu, para pemuda diminta untuk selalu menjaga nasionalisme.

Pada peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia ini, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Medan mengajak seluruh pemuda dan masyarakat untuk memaknai dan terus menjaga dua hal penting.

“Pertama, kemerdekaan Indonesia bukan merupakan hadiah atau pemberian dari bangsa dan negara manapun,” tegas Ketua DPD KNPI Kota Medan, El Adrian Shah, Jumat (17/8).

Menurutnya, kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang terdiri dari tokoh pemuda. Hal itu, sebut El, menjadi bukti bahwa sejak dulu Indonesia memiliki persatuan yang kuat dalam bingkai Binneka Tunggal Ika untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

“Mari terus kita jaga Indonesia dari segala ancaman perpecahan,” ajaknya.

iklan

Kedua, sambungnya, mengisi kemerdekaan sama beratnya dengan merebut kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 lalu.

“Kita tidak dapat menjadi bangsa yang tangguh dan merdeka sepenuhnya jika para pemudanya hanya menjadi penonton dalam pembangunan negara maupun daerah. Sebab, tegas El, hanya pemuda yang memiliki kemandirian dan progresivitas, baik dalam berpikir maupun bergerak. Sementara untuk menjadi negara yang maju, Indonesia harus memiliki pemikiran dan pergerakan mandiri dan progresif. “Pemuda merupakan aktor perubahan menuju bangsa yang lebih baik,” tegasnya.

Pada HUT Kemerdekaan kali ini, El juga berharap pemuda senantiasa menjaga tiga pilar penting dalam diri masing-masing, yakni nasionalisme, patriotisme, dan idealisme.

“Pilar-pilar itu, penting untuk tetap menjaga keutuhan NKRI sebagai komitmen kita bersama. NKRI harga mati,” pungkasnya.(wol/lvz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Iklan