Nasib PKB Medan Tergantung Putusan Sidang

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Herdensi Adnin. (WOL Photo/M. Rizki)

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Panwas Kota Medan, Raden Admiral, mengatakan bahwa malam ini pihaknya akan memutuskan nasib Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Medan bisa mengikuti kontestasi pemilu 2019 atau tidak. Di mana sebelumnya, pihaknya telah melakukan tahapan sidang ajudikasi secara maraton.

“Saat ini sidang ajudikasi sengketa pemilu yang diajukan PKB dengan agenda membacakan putusan,” ungkapnya, Kamis (9/8).

Di lain sisi Ketua KPU Kota Medan, Herdensi Adnin, bersikukuh pada putusan bersama Komisioner KPU tertanggal 17 Juli 2018, yakni menolak berkas pendaftaran caleg PKB Kota Medan.

Disebutkan, KPU Medan pada 16 Juli 2018 atau sehari sebelum penutupan pendaftaran caleg telah melayangkan surat kepada seluruh parpol agar melengkapi atau memfinalisasi data yang ada pada silon.

“Alasan PKB mengajukan gugatan itu karena silon tidak bisa atau sulit diakses pada 17 Juli 2018. Perlu diketahui bahwa pendaftaran sudah dibuka KPU sejak 4 Juli 2018, ada waktu yang panjang diberikan,” terangnya.

Advertisement

Lebih lanjut Densi menyebutkan, saat sidang terakhir, KPU Kota Medan telah mengajukan saksi dari operator silon. “Kalau dari KPU sebenarnya sesuai dengan keputusan awal (17 Juli 2018). Kita lihatlah putusan nanti,” tukasnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN