BMKG: Lombok Diguncang 319 Gempa Susulan hingga Rabu Pagi Ini

Foto: Okezone News

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat masih ada gempa susulan yang mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga hari ketiga pascagempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter (SR). Gempa dahsyat itu pun diketahui meluluhlantakkan wilayah dengan julukan Seribu Masjid tersebut.

Sampai Rabu pagi ini, tercatat ‎ada 319 gempa susulan yang terjadi di Lombok. Meski demikian, berdasarkan catatan BMKG, hanya 19 gempa susulan yang dirasakan cukup kuat melanda pulau tersebut.

“Update gempa bumi Lombok 7,0 SR, sampai pukul 09.00 Wita (hari ini), tercatat sebanyak 319 gempa susulan,” Kabag Humas BKMG Hari Tirto Djatmiko kepada Okezone, Rabu (8/8/2018).

Dampak gempa Lombok. (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

Advertisement

Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 7,0 SR kembali mengguncang Lombok, pada Minggu 5 Agustus 2018. Gempa itu berpusat di 8,37 lintang selatan dan 116,17 bujur timur atau 18 kilometer barat laut Lombok Timur. ‎Tepatnya, titik gempa berada di daerah lereng Gunung Rinjani.

Gempa yang terjadi pada Minggu 5 Agustus 2018 itu merupakan gempa utama atau main shock dari serangkaian gempa sebelumnya. Namun, menurut pihak BMKG, gempa tersebut masih berjenis dangkal dan masih akan ditandai dengan gempa susulan lanjutan.

(han/devi)