Bank di Sumut Siap Lakukan Penukaran Kartu Berlogo GPN

WOL Photo/Eko Kurniawan
Iklan

MEDAN, Waspada.co.id – Bank yang ada di Sumatera Utara (Sumut) sudah siap untuk melakukan penukaran kartu ATM/Debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dan kartu tersebut sudah didistribusikan dari pusat.

Demikian hal ini disampaikan Kepala Group Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Hilman Trisnawan, kepada Waspada Online, Kamis (2/8) sore.

“Saat ini, Bank Sumut dan Bank Mestika sudah siap. Bank Indonesia (BI) juga monitor dan kedua bank ini sudah dapat drop dari pusatnya. Jadi kalau ada nasabah yang ingin melakukan penukaran, bank sudah siap,” tuturnya.

Karena kewajiban pencantuman logo GPN untuk kartu ATM/Debet telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2018. Bekerja sama dengan perbankan, BI pun memfasilitasi penukaran kartu berlogo GPN dengan menyelenggarakan Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia selama periode 29 Juli – 3 Agustus 2018 untuk tahap pertama. Kemudian tahap berikutnya akan diselenggarakan di Sumut pada Oktober 2018.

“Tentunya BI akan terus memonitor penukaran kartu ATM/Debet di Sumut. Pihaknya berharap nasabah segera menukarkan kartunya dengan kartu berloga GPN,” jelasnya.

iklan

Karena dengan kartu ini, masyarakat dapat banyak manfaat diantaranya dapat menggunakan kartu untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Kartu ini pun telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

“Dengan total 180 juta kartu ATM dan debet saat ini di Indonesia, BI menargetkan bisa mendistribusikan kartu berlogo GPN sebanyak 13,3 juta kartu hingga akhir 2018,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Iklan