Waspadai Ciri-ciri Penyakit Kanker Lambung

Ilustrasi

Waspada.co.id – Kanker lambung merupakan sejenis penyakit mematikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel kanker pada lambung. Perkembangan dari sel kanker ini terbilang cukup lambat dan memerlukan waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun. Sehingga cukup sulit untuk mendeteksi penyakit ini dari sejak dini.

Terlebih untuk mendiagnosis stadium pada kanker tersebut. Hal inilah yang menyebabkan penyakit kanker lambung sulit untuk diatasi. Karena pada umumnya kanker lambung sendiri biasa terdeteksi ketika stadiumnya sudah lanjut. Hal ini jugalah yang menjadikan penyakit kanker lambung sebagai pembunuh no 3 terbesar di dunia.

Lambung sendiri merupakan bagian yang terpenting dalam sistem pencernaan bagian atas. Karena ia bertugas untuk menyerap nutrisi yang terkandung dari makanan. Serta bertugas untuk menyalurkan sari makanan ke dalam jaringan usus. Karena itulah, kanker lambung merupakan penyakit yang berawal dari gangguan pada sistem pencernaan.

Ciri-ciri Kanker Lambung
Meskipun sering tak disadari atau kerap diabaikan, inilah beberapa ciri dari penyakit kanker lambung yang perlu Anda ketahui. Yang diantaranya ialah :

  • Perut kembung dan lebih banyak bersendawa
    Rasa nyeri pada tulang dada
    Perut terasa mulas dan sangat sakit
    Gangguan pencernaan yang terus-menerus
    Lebih cepat kenyang meskipun makan sedikit
    Mual dan muntah
    Sulit menelan
    Lebih mudah merasa lelah.

Itulah beberapa gejala penderita kanker lambung pada tahan awal. Namun jika penyakit kanker lambung yang telah mencapai tahap akhir, ciri-ciri yang kerap ditimbulkan ialah :

Advertisement
  • Perut membengkak akibat penumpukan cairan
    Anemia
    Muntah darah
    Kelenjar getah bening membengkak
    Mengidap penyakit kuning
    Feses hitam serta mengandung darah
    Berat badan menurun drastis

Selain itu, perlu Anda ketahui pula bahwa pria memiliki resiko hingga 2x lipat lebih tinggi terkena penyakit kanker lambung dibandingkan dengan wanita. Dan pada umumnya, penyakit yang cukup mematikan ini kerap kali ditemukan pada pria yang telah menginjak usia lanjut. (vivablog/infokita/ags/data1)