Sukses di Pilkada Serentak 2018, Demokrat Akan Bentuk Poros Ketiga

Wasekjen Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin. (Ist)

JAKARTA, Waspada.co.id – Sukses mendukung sejumlah calon kepala daerah (Cakada) yang bertarung di Pilkada serentak 2018, menjadikan Partai Demokrat diatas angin dan berencana membentuk poros ketiga dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Keinginan kami untuk membentuk poros sendiri besar juga oleh karenanya masih menunggu semuanya, mana kala ada pihak yang siap membuat poros baru tentu kami senang sekali,” kata Wakil Sekjen Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsudin, Sabtu (30/6).

Seperti dilansir dari laman viva, Didi mengatakan untuk kemungkinan poros baru tersebut, partainya membuka komunikasi dengan banyak pihak. Menurut Demokrat, opsi pilihan semakin banyak akan lebih baik dalam proses demokrasi.

“Sekarang ini kan pilihan hanya poros 1, poros 2 tapi kami keliling ternyata rakyat pengen ada pilihan lagi, kalau ini memungkinkan Demokrat siap,” kata Didi.

Ditambahkan, hasil pilkada bagi Demokrat cukup baik dengan kemenangan hingga sekitar 55 persen di seluruh Indonesia. Kemenangan itu akan menjadi modal bagi partainya untuk menginisiasi poros ketiga.

Advertisement

“Tinggal sekarang kita serahkan saja, kalau ada kemungkinan bentuk koalisi baru ya kita lihat saja,” terangnya.

“Kerja sama apa dan timbal balik apa yang perlu dibangun untuk rakyat, kalau kita koalisi tentu apa yang bisa kita berikan dan tentu apa yang bisa kita dapatkan, take and give itu memberikan manfaat kepada rakyat, jadi tidak sekadar membentuk kursi jadi bagaimana program ke depan,” lanjutnya.

Ia menuturkan hingga kini partainya memang belum memutuskan arah koalisi Demokrat. Partai tersebut masih mengkaji plus minus bergabung ke salah satu koalisi atau membentuk koalisi baru.(wol/viva/mrz/data1)