Kemenangan Mahathir Motivasi Amien Rais Maju Capres 2019

foto: tribun

JAKARTA, Waspada.co.id – Kemenangan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri Malaysia di usia 92 tahun menginspirasi pendiri Partai Amanat Nasional Amien Rais bertarung maju sebagai calon presiden 2019-2024.

Mahathir, perdana menteri tertua di dunia, telah melecut semangat Amien Rais yang saat ini genap berusia 74 tahun. Alih-alih beristirahat dari dunia politik, Amien belakangan diketahui gencar mengkritik pemerintahan Joko Widodo.

“Kemenangan Mahathir tersebut membuktikan bahwa usia hanyalah angka. Usia senja bukanlah penghalang dan saya kira beliau (Amien Rais) sudah terbuka mengatakan demikian,” ujar Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Minggu (10/6).

Eddy mengatakan Amien menjadi satu dari empat nama pembesar PAN yang telah diusulkan maju sebagai kandidat capres.

Selain Amien, tiga nama lainnya adalah dua mantan ketua umum dan satu pemimpin definitif partai berlambang matahari putih, yakni Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Zulkifli Hasan.

Advertisement

Menurut Eddy, empat nama pembesar partai tersebut masih diusulkan pada tataran wacana. Pengajuan resmi akan digodok kemudian dalam rapat kerja nasional (Rakernas) PAN yang kemungkinan digelar usai perhelatan Pilkada.

“Munculnya empat nama itu sebatas penegasan bahwa PAN tidak kekurangan kader untuk maju Pilpres 2019. Bahwa kami masih memiliki lokomotif penggerak bangsa, termasuk di antaranya Pak Amien Rais,” kata Eddy.

Eddy mengatakan empat nama pembesar PAN tersebut diusulkan maju capres saat partai tersebut bersilaturahmi di Rumah Dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sabtu (9/6).

Amien Rais, yang kini menjabat ketua dewan kehormatan PAN, mengaku cukup layak untuk diusung sebagai calon presiden oleh partainya. Dia bahkan menyebut kemenangan Mahathir membuatnya kembali merasa muda.

“Kalau Mbah Amien Rais ini kan, walaupun tua, ya tidak apa-apa. Begitu Mahathir. Jadi, saya jadi remaja lagi sekarang kan ya, jadi saya terimakasih Pak Mahathir,” kata Amien. (cnnindonesia/ags/data1)