Wagubsu: May Day Hari Raya Bersama

Foto: Waspada.co.id

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung  membuka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2018 tingkat provinsi, di komplek Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Jalan Williem Iskandar Desa Medan Estate Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Ribuan orang mengikuti pesta May Day is Fun Day dengan berbagai kegiatan perlombaan.

Hadir diantaranya Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut Parlindungan Purba, Ketua K-SPSI Sumut CP Nainggolan, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Rekson Silaban, Ketua Panitia Perayaan Mayday Anggiat Pasaribu, Direktur Dit Pamobvit Kombes Hery Subiansauri, Plt Kadisnaker Sumut Fransisco Bangun, Kaban Kesbangpol Sumut Suriadi Bahar dan sejumlah perwakilan serikat buruh.

“May Day (hari buruh) ini adalah hari raya kita bersama. Karena intinya kami juga buruh/pekerja dari pemerintah. Maka tanpa mengurangi rasa hormat, demo juga dipersilahkan karena diatur undang-undang. Untuk itu, mari kita berdiskusi dengan baik, apa yang perlu kita sampaikan ke pusat,” ujar Wagubsu pada perayaan May Day di Sumut 2018, Selasa (1/5).

Perayaan Hari Buruh tersebut dirangkaikan dengan berbagai kegiatan seperti gerak jalan santai, perlombaan tarik tambang, panjat pinang serta talk show yang diikuti puluhan serikat buruh/pekerja, perusahaan, unsur pemerintah dan Polri. Bahkan pesta meriah seperti ini baru pertama kali digelar untuk tingkat provinsi dalam memperingati May Day yang juga diperingati di seluruh dunia. Karena itu Wagubsu menyambut baik dan berencana akan menjadikannya agenda tahunan.

“Maka dari itu, saya menawarkan kepada saudara semua, kalau ada yang perlu kita diskusikan, maka silahkan datang ke kita (Pemerintah Provinsi). Apa yang menjadi masalah akan kita sampaikan ke pusat. Dan kalau ada yang bisa kita selesaikan di sini, kita selesaikan,” jelasnya.

Advertisement

Selain membuka kegaitan yang dimulai dengan gerak jalan santai, Wagubsu juga turut membuka acara Talk Show dengan tema Penguatan Hubungan Industrial di Era Revolusi Industri ke-4 bersama unsur Tripartit yakni buruh dan pengusaha. Karena itu, dirinya mengapresiasi langkah seluruh pihak yang telah membuka diri berkomunikasi agar berbagai persoalan yang ada, bisa didiskusikan dengan jalan yang baik. Meskipun diakui Wagub, bahwa demonstrasi juga merupakan kegiatan yang diatur Undang-undang dalam menyampaikan pendapat.(wol/data2)

Editor: RIDIN